Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ngeri, Buaya Sungai Mentaya Mulai Serang Ternak Warga!

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Agustus 2017 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Buaya di Sungai Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai mengganas. Bahkan, sudah ada menyerang ternak warga di Desa Jaya Karet, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotim.

Beberapa ekor ayam milik masyarakat di tepi lanting raib dimakan hewan dilindungi tersebut. "Ada beberapa ekor ayam milik warga yang hilang diserang buaya. Mungkin sekitar tiga atau empat ekor ayam. Kejadiannya beberapa hari yang lalu," ujar Sekretaris Desa Jaya Karet, Jaki Mubarak.

Desa Jaya Karet merupakan salah satu desa di Kabupaten Kotim yang warganya beberapa kali diserang buaya hingga tewas. Bahkan, ada yang tewas dan jasadnya tak kunjung ditemukan hingga saat ini. Di desa ini pula sempat beberapa ekor buaya muara ditangkap, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.

Adanya serangan buaya terhadap ternak warga tersebut membuat masyarakat sekitar semakin meningkatkan kewaspadaan, khususnya saat mandi maupun melakukan aktivitas lainnya di kawasan Sungai Mentaya. "Warga masih sering melihat buaya muara yang muncul ke permukaan. Warga juga sudah semakin waspada terhadap serangan buaya. Bahkan mereka membatasi aktivitas di sekitar sungai," kata Jaki.

Sebagai antisipasi, banyak warga yang tinggal di daerah tersebut memasang kawat besi di sekeliling lanting atau dapur rumah mereka. Hal itu dilakukan agar tetap bisa beraktivitas seperti mencuci pakaian dan mandi di sungai. "Banyak yang sudah memasang kawat besi di tepi sungai, hal itu dilakukan untuk menghindari serangan buaya," terang Jaki. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru