Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Capai 6,12 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tetap di Atas Nasional

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 07 Agustus 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Tengah (Kalteng) tumbuh positif, berada di angka 6,12 persen pada triwulan II 2017 dibanding capaian triwulan II 2016 (yoy). Capaian ini, masih menempatkan Kalteng tetap di atas angka pertumbuhan nasional yang berada di angka 5,1 persen.

Angka pertumbuhan ekonomi ini terungkap saat Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng rilis statistik usai melakukan video konferensi dengan BPS Pusat di ruang pertemuan lantai BPS Kalteng Jalan Pierre Tendean Palangka Raga, Senin (7/8/2017).

"Angka pertumbuhan Nasional sebesar 5,1 persen sedangkan Kalteng mencapai 6,1 persen. Ya, memang jarang sekali pertumbuhan ekonomi Kalteng dibawah nasional. Kalau itu sampai terjadi, ini warning sebenarnya buat Kalteng," ungkap Amos Adam Residul, Kabag TU BPS Kalteng.

Dari sisi lapangan usaha, pada triwulan II ini sumber pertumbuhan tertinggi dicapai oleh transportasi dan pergudangan yaitu tumbuh 17,62 persen. Disusul lapangan usaha industri pengolahan yang tumbuh 11,91 persen. Sedangkan yang pertumbuhan minus atau turun, habya satu kategori yaitu sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang. Yaitu minus 3,40 persen. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru