Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Sekda Kotim Imbau Mayarakat Padamkan Kebakaran Lahan, Bukan Justru Membakarnya

  • Oleh Noor Annisa
  • 07 Agustus 2017 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sedang memasuki musim kemarau. Terkait hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kotim Halikinnoor mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan.

"Jangan sampai masyarakat membakar, kan sudah ada larangan membakar itu, karena lahan gambut kalau sudah terbakar akan susah dipadamkan," katanya, Senin (7/8/2017).

Ia menyebut, seharusnya masyarakatlah yang menjadi pihak pertama yang berupaya semaksimal mungkin memadamkan api bila terjadi kebakaran hutan dan lahan, bukan justru membakarnya.

Selain masyarakat, Plt Sekda juga mengingatkan instansi terkait supaya menyiapkan SDM yang ada supaya bisa semaksimal mungkin melakukan pemadaman bila terjadi kebakaran. Sehingga kebakaran tidak sampai membawa dampak buruk, seperti kabut asap.

"SDM yang ada sebagai petugas pemadam kebakaran agar mengoptimalkan penanganan kebakaran. Camat, kepala desa, dan lurah supaya menggerakan masyarakat ikut berpartisipasi," katanya.

Di sisi lain, ia berpesan kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian dan TNI, supaya memberikan tindakan tegas kepada masyarakat kedapatan membakar hutan dan lahan .(NOOR ANNISA/B-3)

Berita Terbaru