Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga Juli 2017, BKSDA Kotim Selamatkan 12 Satwa Liar dan Dilindungi

  • Oleh Noor Annisa
  • 07 Agustus 2017 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) selamatkan 12 satwa liar dan dilindungi yang diselamatkan maupun diserahkan warga, sejak Januari hingga Juli 2017.

"Dari dua wilayah yang menjadi tanggungjawab kami. Seruyan dan Kotim ada 12 satwa dilindungi yang ditemukan," kata Komandan BKSDA Sampit, Muriansyah, Senin (7/8/2017)

Muriansyah menyebutkan, 12 satwa tersebut yakni delapan orangutan, satu buaya muara, satu kukang, satu uwa-uwa, dan satu bekantan.

Dia mengatakan, 12 satwa tersebut kebanyakan diserahkan oleh masyarakat yang menemukannya. Warga kemudian meminta BKSDA datang untuk menjemput, maupun datang langsung mengantarkannya.

Pihaknya juga membuka pengaduan apabila ada satwa yang mengganggu ataupun meresahkan masyarakat. "Harusnya bila ada warga yang menemukan satwa liar dan dilindungi segera malapor ke kami. Jangan menangkap sendiri," kata dia.

Pasalnya, penangkapan warga tanpa keahlian dapat berisiko cidera terhadap orang yang menangkap ataupun satwa dilindungi. Pengalihan fungsi dari hutan yang membuat habitat satwa liar menjadi terganggu. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru