Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Berencana Manfaatkan Eks TPA Menjadi Hutan Kota

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Agustus 2017 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun  - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) berencana memanfaatkan kawasan eks tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di TransLIK menjadi hutan Kota.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, tujuan pemanfaatan kawasan eks TPA dengan luasan sekitar 3 hektare tersebut. "Selain merupakan upaya untuk meraih target piala Adipura Kencana, keberadaan hutan di eks TPA tersebut juga sebagai upaya menjadikan kota sebagai tempat yang nyaman dan asri," jelas Bupati.

Terpisah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kobar Robianur memperkirakan hal tersebut bakal terwujud tahun depan. "Berdasarkan usulan, semoga tahun anggaran 2018 upaya membuat hutan kota di eks TPA tersebut bisa terealisasi," jelas Robianur.

Walau begitu, lanjutnya, persiapan untuk mewujudkan hal itu sudah mulai dilakukan. "Di antaranya adalah menginventarisasi jenis tanaman hutan maupun buah-buahan endemik Kabupaten Kobar, yang bakal ditanami di kawasan eks TPA. Selain itu kami juga akan mencoba menyinergikan kegiatan kelompok dan pemerhati lingkungan Kabupaten Kobar," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru