Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Latih SDM Kepariwisataan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 10 Agustus 2017 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) serius meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang kepariwisataan.

Hari ini digelar pelat dasar SDM kepariwisataan bagi masyarakat di Kota Palangka Raya yang diikuti pelaku usaha pariwisata seluruh provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini.

Kalteng sadar, saat ini dunia sedang berlomba meningkatkan akses pariwisatanya termasuk Indonesia yang terus berbenah.

Melalui pariwisata, banyak multi efek bagi daerah mulai dari tenaga kerja lokal, promosi budaya dan obyek wisata, jasa layanan wisata beserta transportasinya, hingga promosi potensi daerah lainnya. Semuanya bisa menghasilkan pundi devisa.

"Selain penataan obyek wisata yang perlu dipersiapkan adalah menata SDM juga menata obyek lain dari daya tarik obyek serta optimalisasi promosi secara terpadu," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan, Kamis (10/8/2017).

Guntur mengatakan SDM memiliki peran penting dalam industri pariwisata. Mereka harus memiliki pengetahuan dan skill dalam meningkatkan usaha atau produk wisata yang dihasilkan. Dia menyebut untuk kali pertama dilakukan pelatihan tingkat dasar ini baru mengkover 250 peserta.

"Pelatihan ini batu saja dilakukan dan baru 250 orang yang bisa kami upayakan dari idealnya seribuan di Kalteng. Ini diharapkan akan bertambah kuotanya dari Kementerian Pariwisata nantinya. Selain pelatihan dasar ini akan ada juga pelatihan lanjutan," tukasnya.

Sementara itu Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menekankan tentang banyaknya rencana pengembangan pariwisata yang gagal karena kurang mendapat dukungan dari masyarakat. Karena itu perlu peningkatan kesadaran dan kualitas masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan dan pola pikir dalam mengembangkan daerah tujuan wisata karena dunia saat ini sedang berlomba kembangkan obyek wisata," cetus gubernur yang disampaikan staf ahli gubernur bidang ekonomi keuangan dan pembangunan, Hengky Mangkin. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru