Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan PAD, DPKAD Sukamara Data Objek Berpotensi Pajak

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Agustus 2017 - 13:08 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Sukamara akan mendata terhadap objek yang dapat memberikan pemasukan.

"Objek yang akan kita data seperti usaha warung makan, gedung sarang burung walet dan beberapa objek lainnya," kata Kabid Retribusi dan Pajak Daerah DPKAD Sukamara, Denny Y Kurniawan, Kamis (10/8/2017).

Menurut Denny, pendataan akan dilakukan diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sukamara, sehingga pendapatan yang dihasilkan dari pajak dan retribusi daerah dari beberapa objek tersebut semakin meningkat.

"Pendataan sudah dilakukan beberapa waktu lalu, dan saat ini beberapa kecamatan sudah selesai di data." ujarnya.

Denny menambahkan, agar data yang dihasilkan lebih akurat maka pihaknya terjun langsung untuk melakukan pendataan harapan menghasilkan data baru dan valid.

"Kita berharap dengan data terbaru tersebut maka pendapatan retribusi bisa mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Apalagi saat ini geliat usaha seperti warung makan, gedung walet dan lainnya mulai berkembang sehingga dipastikan ada perubahan data," terang Denny. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru