Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gunung Mas Urutan 10 di Kalteng Persentase Balita Kurang Gizi

  • 10 Agustus 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Data Direktorat Gizi Masyarakat Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2016 persentase balita kurang gizi usia 0-23 bulan secara nasional mencapai 11,9%. Sedangkan di Kalimantan Tengah (Kalteng), bayi umur 0-59 bulan berdasarkan berat badan dan usia, kasus gizi buruk atau kurang gizi sebesar 23,3%. Di Kabupaten Gunung  Mas sendiri berada di urutan 10 di Kalteng untuk balita kurang gizi dengan persentase 19,2%.

Hal itu disampaikan Bupati Gunung Mas Arton S Dohong dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Rony Karlos saat kegiatan multi stakeholder forum (MSF) program kesehatan dan gizi berbasis masyarakat untuk menurunkan stanting melalui kampanye gizi nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengbangan Daerah (BP3D) Kabupaten Gumas, Kamis (10/8/2017).

"Balita usia 0-59 bulan yang memiliki kasus pendek dan sangat pendek (stanting) untuk Provinsi Kalimantan Tengah sebesat 33,3%. Kabupaten tertinggi adalah Kabupaten Barito Timur sebesar 50%. Kabupaten Gunubg Mas urutan ke-6 dengan persentase 32,8%," ungkap Rony.

Dia menyatakan, permasalah tersebut tidak mungkin diselesaikan oleh sektor kesehatan saja. Diperlukan upaya-upaya dari sektor lain, diantarannya meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan pangan, pengawasan keamanan pangan yang memadai serta ketersediaan sarana sanitasi dan air bersih yang memadai. (EPRA SENTOSA/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru