Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Pimpin Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 10 Agustus 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah memimpin apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan di pasar Tentadung, Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (10/8/2017).

Apel siaga yang dirangkai dengan Peringatan Hari Lingkungan ini diikuti oleh TNI - Polri, BPBD Kobar, BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Manggala Agni, Dinas Satpol PP dan Damkar Kobar, Kehutanan, DLH Kobar, Tagana, siswa sekolah serta perusahaan besar swasta.

Menurut Nurhidayah, digelarnya apel siaga karhutla ini untuk lebih memastikan kesiapan tim gabungan dalam dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Selain itu juga sebagai langkah antisipasi dengan menyiapkan sumber daya manusia dan memastikan seluruh alat pemadam kebakaran baik portable maupun damkar dapat berfungsi dengan baik.

"Saat ini anggaran karhutla di Kobar telah disiapkan dan dikelola oleh BPBD dan jumlahnya menyesuaikan," kata Nurhidayah.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani mengungkapkan bahwa Kalimantan Tengah masuk dalam 7 besar wilayah yang rawan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya terkait dengan anggaran untuk Kalteng maaih menyessuaikan dengan kebutuhan. "Pemerintah sudah menganggarkan Rp800 miliar untuk penanganan kebakaran," bebernya. (KOKO SULISTYO/B-5)

Berita Terbaru