Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Pembakar Lahan Gambut Ditangkap

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 10 Agustus 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dua pria terlihat mengendap-endap di balik rerimbunan semak belukar yang terbakar hebat hingga mengeluarkan asap tebal yang membubung tinggi ke angkasa.

Dua pria mencurigakan itu membawa satu jeriken minyak dan mengitari areal lahan gambut yang terbakar. Sesekali isi jeriken yang diduga bahan bakar itu disiramkan ke semak mengering.

Seketika muncul titik api baru di lokasi itu, karena hembusan angin begitu kencang membuat dua warga itu kalang kabut dan menghilang entah kemana.

Lokasi kebakaran yang berada tidak jauh dari permukiman masyarakat itu menyita perhatian dan dengan cepat warga mengubungi tim walet yang terdiri dari anggota masyarakat, TNI-Polri, Satpol PP dan Manggala Agni, tim reaksi awal ini segera terjun ke sungai selebar 8 meter dan menuju lokasi kebakaran.

Tim Walet kewalahan karena angin kencang api cepat membesar, sehingga mereka menghubungi bala bantuan tim gabungan Jalak I, Jalak 2 dan jalak 3 serta mengerahkan berbagai perlengkapan yang lebih mumpuni bahkan mesin pemadam api terapung digunakan untuk memadamkan api.

Setelah berjam-jam berjibaku dengan api tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan api, ditengah kesibukan dua anggota polisi dari Polres Kobar dan dua anggota TNI dari Kodim 1014 Pangkalan Bun terlihat mengejar dua pelaku yang diduga membakar kawasan itu.

Aksi kejar-kejaran dilahan gambut berakhir setelah dua warga pembakar lahan kejeblos di dalamnya lahan gambut dan segera diringkus.

Aksi penangkapan ini merupakan simulasi penanganan pertama jika terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut di Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup dan apel siaga Karhutla di Pasar Tempadung, KM 5, Kelurahan Mendawai Seberang, Kabupateb Kotawaringin Barat, Kamis (10/8/2017).

"Ini merupakan simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan gambut, ada beberapa tim seperti Jalak I, Jalak II, dan Jalak III yang siap terjun untuk memadamkan api," ujar Binsar dari BKSDA SKW II Pangkalan Bun yang menjelaskan berjalannya simulasi bersama Mc Syahroni. (KOKO SULISTYO/B-6)

Berita Terbaru