Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duet Dengan Kepala Bappenas, Ini Keunggulan Kalteng Versi Gubernur Sugianto

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 10 Agustus 2017 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bicara soal ketimpangan pembangunan bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brojonegoro dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2017, Kamis (10/8/2017) sore.

Gubernur muda inipun membeberkan beberapa keunggulan Kalteng. Di antaranya, Kalteng memiliki 11 sungai besar sebagai sumber air dan transportasi air serta sumber energi baru terbarukan. Produksi crude palm oil (CPO) Kalteng mencapai 4,5 juta ton pada 2016, dihasilkan dari 341 perkebunan besar  dengan luas 4 juta hektare.

Di bidang pertambangan, jumah izin usaha pertambangan (IUP) mencapai 649 unit, didominasi izin batu bara sebanyak 406 izin usaha. Sedangkan potensi batu bara sebesar 18-20 juta metrik ton pertahun.

Selain itu, di Kalteng terdapat 15 perusahaan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) dan 5 perusahaan pertambangan emas pemegang izin Kontak Karya (KK) yang diperoleh dari pemerintah pusat.

'Tetapi keunggulan dan potensi Kalteng ini tidak memberikan kontribusi terhadap kesejahteran masyarakat di Kalteng,' beber Gubernur Sugianto.

'Sumber daya alam (SDA) yang melimpah tetapi tidak memberikan nilai tambah (value added) bagi daerah di Kalteng. Lalu apa solusinya Maka harus ada pusat pertumbuhan ekonomi baru,' tambahnya.

Gubernur ingin, perencanaan pembangunan Indonesia yang dikomandoi Bapenas lebih berkeadilan dengan mempertimbangkan pusat pertumbuhan tidak harus Jawa centris, tetapi memindahkan konsentrasi di Pulau Jawa yang sudah crowded ke luar Jawa, salah satunya Kalimantan. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru