Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Narapidana Anak Yang Kabur Dari Lapas Diminta Menyerahkan Diri

  • Oleh Ramadani
  • 11 Agustus 2017 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, M Yahya, mengimbau tahanan anak yang kabur Kamis (10/8/2017), agar segera menyerahkan diri secara baik-baik.

Kalapas menjamin bila tahanan anak itu menyerahkan diri dengan baik-baik, keamanan dan keselamatannya akan terlindungi.

Harapan kita ia mau menyerahkan diri secara baik-baik kepada petugas Lapas Kelas II B Muara Teweh maupun kepada pihak kepolisian, ujar Yahya, Jumat (11/8/2017).

Selain itu, ia juga meminta keluarga tahanan supaya membantu pihak Lapas menemukannya. Bila ada warga yang kebetulan menemukan atau melihat, diharapkan juga dapat menginformasikan baik ke petugas Lapas maupun kepolisian.

Saat ini upaya pencarian terus kita lakukan bersama dengan pihak kepolisian. Keluarga bersangkutan yang berhasil kita temui, mengaku belum mengetahui bahwa ia pada Kamis (10/8) kabur dari tahanan, ujarnya.

Disampaikannya pula bahwa selama dibina di dalam Lapas, tahanan berusia 17 itu berkelakuan baik. Pihaknya juga tidak mengetahui apa pemicu napi kasus pencurian itu sampai nekat melarikan diri. Padahal hukuman yang dia jalani tinggal beberapa bulan lagi.

“Kita tidak mengira kalau bersangkutan melarikan diri. Waktu itu di Lapas sedang ada kegiatan tausiyah di masjid. Semua warga binaan yang beragama Islam diarahkan untuk mengikuti kegiatan itu termasuk dia,” katanya.

Sebelum diketahui kabur, tahanan itu sempat terlihat duduk di Pos Blok B menunggu antrian untuk mengambil air wudhu. Suasana Lapas yang saat itu sedang ramai karena kedatangan pengunjung yang ingin membesuk keluarga mereka dimanfaatkannya untuk kabur.

“Ia diduga memanfaatkan situasi saat itu, karena di samping petugas jaga sibuk mengurus tamu-tamu yang ingin membesuk keluarga, kita waktu itu juga ada menerima tamu dari pihak Inspektorat, Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manuria (Kemenkumham),” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru