Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Daging Sapi di Katingan Masih Mahal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Agustus 2017 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jelang hari raya Idul Adha, harga daging sapi di Kasongan, Kabupaten Katingan masih tinggi. Harga daging sapi masih berada pada Rp135 ribu per kilogramnya. Artinya, harga ini masih sama dengan harga pasca Hari Raya Idul Fitri akhir Juni 2017 lalu. 

"Harga daging sapi sekarang masih tetap kita jual Rp135 ribu per kilo," kata Giyem penjual daging sapi di Pasar Kasongan, Sabtu (12/8/2017).

Giyem ini merupakan satu-satunya penjual daging sapi di Kota Kasongan. Menurutnya, sejak pasca lebaran lalu hingga sekarang harga daging sapi tetap ia jual Rp135 ribu per kilonya.

Giyem mengaku, masih mahalnya daging sapi di Kasongan karena pasokan sapi selama ini masih didatangkan dari luar daerah, seperti Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra). "Kita order sapinya dengan pemasok di Banjarmasin Kalsel, tapi sapinya asalnya dari Sulawesi," kata Giyem.

Sedangkan untuk tulangan sapi (tulang campur daging) dijual Rp80 ribu per kilo khusus untuk tulang iga. Sementara untuk tulang campur daging bagian lain dijual Rp70 ribu per kilo. Dan untuk kulit sapi ia jual Rp30 ribu per kilonya.

"Kalau hari-hari biasa kita motong satu ekor sapi setiap hari. Tapi kalau hari-hari besar keagamaan seperti lebaran kita bisa motong sampai empat ekor," aku Giyem.

Meski harga daging sapi mahal, namun tidak menyurutkan warga Kasongan dan sekitarnya memburu daging sapi tiap harinya. Buktinya, sebelum pukul sebelas siang daging sapi yang dijual ludes terjual.(ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru