Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Meluap Lagi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Agustus 2017 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sungai Katingan sejak dua hari ini kembali meluap akibat curah hujan akhir-akhir ini kembali meningkat, terutama wilayah hulu.

Namun luapan air Sungai Katingan tampak baru menggenangi beberapa titik bantaran sungai, dan belum merambat ke permukiman. 

Menurut pantauan borneonews.co.id di sekitar Jembatan Kasongan, Sabtu (12/8/2017) tampak luapan air Sungai Katingan mulai meluap ke permukaan.

Lahan kosong yang ada di tepi sungai sudah tampak digenangi air dari luapan sungai ini. Meski begitu kondisi air yang meluap masih terpantau baru di beberapa titik.

Kondisi air sungai yang kembali pasang ini dikhawatirkan warga Kasongan terutama yang bermukim di bantaran sungai mengaku khawatir banjir akan terjadi lagi.

"Memang sejak tiga hari ini hujan lebat terus mengguyur di Kasongan ini, dan informasinya hujan lebat juga terjadi di bagian hulu, seperti Tumbang Samba, Tumbang Hiran dan Tumbang Sanamang," ujar Ahmad Yani warga Kasongan.

Menurutnya jika ketiga wilayah di bagian hulu tersebut terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi, maka dapat dipastikan air Sungai Katingan pasang.

Pasalnya, tiga wilayah itu dibelah oleh daerah aliran sungai (DAS) Katingan. "Sebenarnya kemarin air Sungai Katingan ini sudah mulai surut, tapi karena ada hujan beberapa hari terakhir air kembali pasang dan meluap meski skalanya masih kecil," imbuh Yani.(ABDUL GOFUR/B-8).


TAGS:

Berita Terbaru