Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Istri Menteri Agama Apresiasi Hasil Riset Siswi MAN Kota Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Agustus 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Yogyakarta - Tiga siswi MAN Kota Palangka Raya mengikuti Ekspo Madrasah di Gedung Prof. Dr. HM Amin Abdullah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Istri Menteri Agama (Menag) RI, Ny Trisna Willy Lukman Hakim Saifudin sempat mengunjungi stand dari Provinsi Kalimantan Tengah yang salah satunya menampilkan hasil penelitian tiga siswi MAN Kota Palangka Raya ini dan mengaku bangga dengan hasil riset siswi tersebut.

"Mereka riset tentang khasiat daun Karamunting, tumbuhan liar di Palangka Raya. Hasilnya bagus dan memberikan manfaat nyata bagi pengembangan sains utamanya di bidang medis dan kecantikan," ungkap Ny Trisna Willy usai mengunjungi stand ekspo kontingen Provinsi Kalteng, Selasa (8/8/2017).

Menurut rilis yang dikirimkan Kemenag Provinsi Kalteng kepada Borneonews, Sabtu (12/7/2017), tiga siswi yang melakukan penelitian ini memberi penjelasan detail tentang khasiat daun karamunting yang mereka temukan. Daun itu diolah dalam bentuk ekstrak dan dikemas dalam kapsul, masker dan teh seduh serta permen.

"Hasil risetnya, daun itu bisa mengobati luka pasien diabetes, mengobati masalah pencernaan (dispepsi), diare, sariawan dan beberapa penyakit lain. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan seperti mengobati jerawat dan lainnya. Sangat saya apresiasi," tambah Trisna.

Ia sangat mengapresiasi hasil riset yang dilakukan serius oleh tiga siswi MAN Palangka Raya itu. Ia berharap madrasah dan Kemenag Kalteng akan membantu ketiga siswa peneliti itu untuk mempantenkan hasil riset mereka serta mencari pemodal untuk memproduksinya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru