Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Harus Dorong Masyarakat untuk Bercocok Tanam

  • Oleh Naco
  • 13 Agustus 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta untuk mendorong masyarakat agar bercocok tanam. Sebab, belakangan ini kesadaran masyarakat untuk mengoptimalkan lahan kosong masih rendah.

Anggota Komisi II DPRD Kotim, Abdul Kadir, mengatakan menurunnya ketertarikan masyarakat untuk bertanam dikhawatirkan akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan. Apalagi bagi masyarakat yang kesulitan bekerja di perusahaan, karena jika tidak memiliki keahlian dan pendidikan yang memadai.

"Kita berharap masyarakat mampu meningkatkan cara hidup dengan bercocok tanam. Misalnya karet dan rotan," kata Kadir, Minggu (13/8/2017).

Dia yakin, komoditi tersebut masih menjanjikan, terlebih cara perawatannya tidak menelan biaya yang begitu besar. Berbeda dengan kelapa sawit yang menelan dana besar untuk perawatannya.

Kadir mengtakan, banyak cara yang bisa dilakukan dengan cara bercocok tanam. Bahkan hasilnya pasti dibutuhkan masyarakat, terutama di sektor pertanian. Masyarakat akan sejahtera jika lahan-lahan mereka dimanfaatkan dengan baik. (NACO/B-11)

Berita Terbaru