Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Universitas Islam Negeri Janji Terima Juara Aksioma Dan KSM Tanpa Tes

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Agustus 2017 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dua Universitas Islam Negeri terkemuka di Indonesia memastikan akan menerima para juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat nasional sebagai mahasiswa baru tanpa harus melalui proses seleksi atau tes.

Kedua Universitas Islam Negeri tersebut yakni UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta dan UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

"Kerja keras para siswa madrasah aliyah yang berhasil meraih gelar juara di Yogyakarta kemarin memang membuahkan banyak hal membahagiakan bagi mereka. Selain berupa hadiah piala dan uang pembinaan, jaminan masuk UIN tanpa tes itu juga sangat membahagiakan," ungkap Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah Masrawan kepada Borneonews, Senin (14/8/2017).

Masrawan yang mendampingi kontingen Kalteng dalam kegiatan yang ditutup pada Jumat lalu itu, mengatakan bahwa kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi tanpa tes merupakan bentuk dukungan bagi pengembangan kualitas para siswa madrasah.

"Ini adalah sebuah hal yang luar biasa dan memang harus dilakukan agar ada keberlangsungan pendidikan siswa madrasah. Sehingga kualitas generasi kita bisa terus meningkat. Kita berharap perguruan tinggi keagamaan Islam negeri lainnya melakukan hal serupa. Dengan begitu kita yakin lulusan madrasah nantinya akan menjadi generasi islami yang mampu memberikan warna bagi kemajuan Indonesia. Tidak menutup kemungkinan dari peserta KSM dan Aksioma tahun ini akan menjadi bupati, gubernur, atau bahkan presiden pada saatnya nanti," tuturnya.

Kalteng sendiri berhasil membawa pulang satu medali emas dan dua perak dari kegiatan tersebut. Medali emas dipersembahkan Mellany Tjahyadisa yang mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bidang Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan medali perak dipersembahkan Fauzan Fikri pada ajang KSM bidang biologi tingkat MTs dan Kaspul Anwar pada Aksioma bidang MTQ MI. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru