Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Sekolah Terbakar Gunakan Cara Penunjukan Langsung

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Agustus 2017 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto berharap sejumlah sekolah dasar yang terbakar sepanjang Juli lalu mulai dibangun kembali pada September mendatang.

Pembangunan, katanya, bisa menggunakan dana APBD perubahan yang pembahasannya ditargetkan rampung Agustus ini.

"Nantinya dalam mekanisme pembangunan, dilakukan dengan cara penunjukan langsung (PL) pelaksana proyeknya. Karena ini sifatnya mendesak dan murid harus segera belajar dengan tenang, nyaman, dan aman," ungkap Sigit, Senin (14/8/2017).

Menurut politisi PDIP itu, bila proyek harus melalui mekanisme lelang, maka akan menghambat proses percepatan pembangunan.

"Lelang itu kan prosesnya lama. Ini sudah bulan Agustus, maka dihitung September baru selesai lelang, Oktober-November belum tentu bisa langsung dibangun, artinya banyak makan waktu," tukasnya.

Sedangkan jika melalui proses penunjukkan langsung, proyek bisa dilaksanakan secepat. "Bahkan, bila perlu kalau ada pihak ketiga atau swasta yang siap, yakni membangun dulu akan lebih baik. Karena pada prinsipnya untuk kebaikan generasi penerus," kata dia.

Sementara itu, menurut Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, pemerintah kota akan mempercepat perhitungan kerugian pada tujuh SDN ditambah satu SMK yang terebakar beruntun bulan lalu.

"Kita akan mempercepat proses perhitungan, terutama kerugian material bangunan serta kerugian sekolah-sekolah yang mengalami perisitiwa kebakaran tersebut," ungkap Mofit.

Menurutnya, hasil perhitungan kerugian material akan dilaporkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pak Gubernur mengatakan bahwa pihak pemprov akan membantu mencari solusi. Salah satunya melalui dana bantuan dari CSR (corporate social responsibility) untuk turut serta membantu pembangunan semua SD yang terbakar," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru