Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Diminta Jangan Salahgunakan Dana Desa

  • Oleh Supri Adi
  • 14 Agustus 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu ' Besarnya dana yang dikelola oleh masing-masing pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Murung Raya diminta menjadi perhatian penting bagi pemerintah daerah. Jangan sampai dana yang diperuntukan bagi pembangunan tersebut disalahgunakan oleh para oknum sehingga terjerat masalah hukum.

Seperti yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Pembangunan pada Setda Mura, Pahala Budiawan yang mengingatkan agar jangan main-main dengan Penggunaan Dana Desa terutama untuk setiap kepala desa.

"Penggunaannya harus sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, atau dalam artian peruntukannya untuk kesejahteraan masyarakat desa. Namun bila pelaksanaannya di luar ketentuan, resikonya berhadapan dengan penegak hukum," ungkap Pahala, Senin (14/8/2017).

Menurut Pahala, perlu penambahan tenaga pendamping desa yang terjun langsung mendampingi para perangkat desa saat pelaksanaan penggunaan dana desa, serta perlu ditingkatkan komunikasi dan koordinasi dengan dinas teknis.

Pahala juga menyampaikan, kerja sama dengan pihak penegak hukum juga perlu dilakukan agar penggunaan dana desa dapat terawasi, misalnya ke pihak Kejaksaan Negeri setempat. "Apabila perlu dibuatkan nota kesepakatan untuk berkoordinasi dalam pengawasan dana desa dengan pihak Kejaksaan Negeri, agar penggunaannya lebih terarah, rencana dan hasil pembangunannya jelas," tambah Pahala lagi. (SUPRIADI/B-2)

Berita Terbaru