Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka Bentuk Karakter Kaum Muda Sebagai Calon Pemimpin

  • Oleh Ramadani
  • 14 Agustus 2017 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara memperingati Hari Pramuka yang ke-56 di Bumi Perkemahan Panglima Batur, Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Senin (14/8/2017). Kegiatan itu dihadiri Bupati Barito Utara Nadalsyah yang juga ketua Majelis Pembimbing.

Bupati Nadalsyah mengatakan, peringatan Hari Pramuka dapat memotivasi dan mempercepat kemandirian gerakan pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa masa depan yang andal dan lebih baik.

'Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kwartir Ranting dan Gugus Depan yang telah membantu mengirimkan peserta untuk mengikuti Hari Pramuka pada 2017 ini yang mengusung tema Bekerja untuk Kaum Muda Mewariskan yang Terbaik untuk Bangsa,' kata Bupati.

Dikatakannya, pembangunan karakte menjadi fokus bangsa Indonesia kini dan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) harus sejalan dengan pembangunan fisik. Karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada SDM yang berkualitas.

Dijelaskannya pula, salah satu tempat pembentukan karakter tersebut ada pada gerakan pramuka. Sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, pramuka dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

Lebih lanjut, Nadalsyah menurutkan, era globalisasi saat ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.

'Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta mambangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasi ilmu pengetahuan, juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia,' ujarnya.

Kaum muda yang berkarakter dan andal yang akan sanggunp menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan dinnegeri ini, serta sanggup menatap masa depan dengan lebih baik. 'Oleh karena itu gerakan pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan zaman,' katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru