Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bangun Sentra Perikanan Terpadu, Pemkab Kotim Perlu Dana Rp72 Miliar

  • Oleh Noor Annisa
  • 14 Agustus 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) sedang dalam proses membangunan Sentra Perikanan Terpadu Sei Ijum Raya, yang diperkirakan memerlukan dana sebesar Rp72 miliar.

Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto mengatakan, dengan kebutuhan dana yang besar tersebut, sehingga pembangunannya memerlukan waktu yang tidak sebentar sebab dilakukan secara bertahap.

Menurutnya, Sei Ijum Raya yang terletak di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan pembangunannya mencapai nominal Rp72 miliar tersebut, Dinas Perikanan masih menunggu dana yang dialirkan dari pusat.

"Kalau ditargetkan, dana kita jelas tidak mampu. Belanja langsung yang dianggarkan biasanya sekitar Rp6 miliar, jika diakumulasi jauh sekali dengan kebutuhan. Sehingga kita perlu dana seperti dana alokasi khusus (DAK) dan dana tugas perbantuan (TP)," jelasnya, Senin (14/8/2017).

Ia mengatakan, pihaknya sudah merencanakan pengusulan fasilitas tambahan untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk Sentra perikanan Terpadu Sei Ijum Raya. "Usulan kita ke Kementrian rencanaya satu tempat pengolahan, dan alat pendinginan atau pembekuan ikan," imbuhnya.

Sementara itu, saat ini Sentra Perikanan Terpadu sudah dilengkapi dengan pabrik es, pengeringan ikan, tempat pelelangan ikan, dan tempat parkir. 

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai pusat kegiatan perikanan, Sei Ijum Raya akan menjadi tempat pengelolaan budidaya ikan, pengolahan serta penangkapan ikan. "Pemberdayaan terhadap masyarakat lokal, menambah penghasilan nelayan serta membantu pemasarannya," pungkasnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru