Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Nadalsyah Pimpin Susur Sungai Napak Tilas Panglima Batur

  • Oleh Ramadani
  • 14 Agustus 2017 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Bupati Barito Utara, Nadalsyah didampingi unsur FKPD dan kepala SOPD melaksanakan Susur Sungai Napak Tilas dalam rangka mengenang perjalanan perjuangan Panglima Batur, Senin (14/8/2017).

Sebelum melaksanakan susur sungai diadakan apel di lokasi Water Front City (WFC) Muara Teweh dan dilanjutkan dengan kegiatan susur sungai dengan menggunakan perahu kelotok dan speed boat.

Selama memimpin susur sungai bupati menyerahkan Bendera Merah Putih kepada tokoh masyarakat, tokoh adat dan kepala desa untuk dikibarkan bersama di desa yang dilalui, meliputi Desa Pendreh, Desa Lemo, dan berakhir di Desa Bintang Ninggi.

Nadalsyah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggelorakan semangat juang kemerdekaan seluruh masyarakat agar tetap cinta tanah air dan selalu menjaga keutuhan bangsa dan Negara Indonesia.

Susur sungai ini juga merupakan mengenang jasa dan perjuangan Panglima Batur beserta masyarakat DAS Barito dalam perlawanan menghadapi penjajah bahkan menenggelamkan kapal milik kerajaan Belanda di Kampung Lalotung Tuwur yang bernama Kapal Stoomchip Onrust.

Sementara itu Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim dan Kapolres Barito Utara AKBP Tato Pamungkas Suyono berharap kegiatan ini merupakan pemersatu semua golongan masyarakat untuk cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru