Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Wendu Keruh Akibat Limbah Galian C

  • Oleh Uriutu
  • 14 Agustus 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Sungai Wendu di Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan keruh diduga karena limbah galian C.

'Apalagi kalau hujan limbah atau air bekas galian C mengalir ke sungai yang terhubung langsung ke embung PDAM di desa kami,' kata Kardiman, warga Sababilah kepada Borneonews.co.id, Senin (14/8/2017).

Akibatnya, banyak warga mengeluhkan kondisi air, selain untuk mandi dan mencuci pakaian juga digunakan untuk air minum yang mengalir kerumah lewat PDAM.

Dia mengatakan di area galian C tersebut diolah jalur air yang menuju ke sungai kecil yang mengakibatkan sungai keruh oleh bekas galian dan diduga berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu sungai kecil tersebut juga mengalami pendangkalan. Untuk itu pihaknya meminta agar pembuangan bekas galian C jangan kesungai kecil yang terhubung ke embung.

Hal senada diungkapkan, Ella hal ini tentunya sangat merugikan masyarakat karena bekas galian C ini masuk ke embung PDAM.

'Ya sangat berbahaya kerana dampaknya buruk bagi masyarakat mengkonsumsi air yang kotor, khususnya bagi pelanggan PDAM di Desa Sababilah dan sekitarnya,' ucapnya.

Dia mempertanyakan legalitas dari sisi perizinan galian C. Sebab bila tidak memiliki perizinan resmi, maka teknis terkait yang saat ini kewenangannya ada diprovinsi, bisa menindak tegas setiap galian C.

'Kita minta ditindak tegas apabila tidak ada perizinananya,' tandasnya. Sementara itu dihubungi via SMS pemilik galian C hingga berita ini diturunkan masih belum mendapatkan jawaban. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru