Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggundulan Hutan Sebabkan Air Sungai Katingan Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Agustus 2017 - 09:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan masih tinggi, meski memasuki musim kemarau. Bahkan di beberapa wilayah masih kebanjiran akibat luapan air Sungai Katingan, seperti di Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan.

Warga desa itu sejak beberapa bulan lamanya terisolasi karena jalan darat yang menjadi penghubung antardesa terendam banjir. Begitu juga dengan beberapa desa di wilayah Kecamatan Kamipang. Meski air Sungai Katingan sempat menyurut, curah hujan yang kembali tinggi menyebabkan air sungai di wilayah ini juga meluap lagi.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Rakyat Katingan mengatakan, faktor penyebab banjir di daerahnya salah satunya karena penggundulan hutan. Akibatnya, hutan yang juga berfungsi sebagai penyimpan air tidak berfungsi dengan baik karena sebagian sudah gundul.

"Karena hutan yang gundul itu tidak mampu menyimpan air dengan baik, sehingga saat musim musim hujan air lari ke sungai, termasuk Sungai Katingan, namun saking banyaknya volume air yang mengalir menyebabkan sungai meluap dan terjadi banjir," kata Ketua LSM Suara Rakyat Katingan, Anto Saptono Senin (14/8/2017).

Menurutnya, saat ini jika curah hujan tinggi dapat dipastikan Sungai Katingan yang sebelumnya surut dalam sekejap pasang, bahkan meluap ke permukaan.

Sama juga saat kondisi cuaca panas tidak ada hujan hingga beberapa hari lamanya, maka kondisi air Sungai Katingan cepat sekali menyurut dan dangkal hingga tampak gundukan pasir di tengah sungai. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru