Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lurah dan Camat Harus Proaktif Usulkan Relokasi Warga Tampang Tumbang Anjir

  • 15 Agustus 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Gumer mengingatkan lurah dan camat agar lebih proaktif mengusulkan relokasi warga di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, yang rawan bencana banjir. Hal itu supaya relokasi bisa terealisasi pada 2018 mendatang.

"Untuk relokasi warga Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, kita sudah beberapa kali melakukan pertemuan, baik dengan tokoh masyarakat, lurah, ketua RT termasuk dengan camat. Tugas utama pihak kelurahan dan kecamatan yaitu menyiapkan lahan untuk tempat relokasi, artinya penyiapan SPT (surat peryataan tanah)," ujar Gumer, Selasa (5/8/2017).

Terkait hal itu, pihak kelurahan harus lebih proaktif menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat supaya melakukan persiapan dan legalitas lahan untuk relokasi. Pasalnya, salah satu syarat yang harus terpenuhi untuk usulan relokasi ke Kementrian Sosial adalah lahan dan legalitasnya, serta syarat-syarat lain.

"Informasi dari Dinas Sosial, awal September 2017 berkas usulan harus masuk ke Kementrian Sosial dan diharapkan pada 2018 nanti, dana untuk relokasi bisa dikucurkan dari pemerintah pusat," terang dia.

Kemudian, lanjut politisi PDIP itu, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga akan menganggarkan pada APBD Kabupaten Gunung Mas 2018, untuk dana shering."Untuk itu pihak kelurahan dan kecamatan harus lebih proaktif memberikan arahan kepada masyarakat atau pun turun ke lapangan," ingat Gumer. (EPRA SENTOSA/B-5)

Berita Terbaru