Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Diharapkan Garap Lahan Dengan Efisien dan Maksimal

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Agustus 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Komisi IV DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah, Hamdhani, menyerahkan bantuan peralatan dan mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (15/8/2017).

Ia berharap, bantuan alsintan yang berasal dari Kementerian Pertanian tersebut bisa meringankan tugas petani dalam menggarap lahan.

"Ini sesuai dengan program nawacita Presiden Joko Widodo bahwa pada 2019 Indonesia bisa swasembada pangan dan tidak lagi tergantung impor produk pangan dari luar negeri. Jadi diharapkan ke depan Provinsi Kalteng, khususnya Kabupaten Kobar mampu swasembada pangan dan holtikultura," ungkap Hamdhani.

Selain itu, lanjut politisi Partai Nasional Demokrat tersebut, dengan adanya bantuan alat pertanian diharapkan para petani mampu mengolah lahan pertanian dengan cara modern serta meninggalkan cara lama yaitu membakar lahan.

"Tentunya pengolahan pertanian menggunakan cara bakar tersebut bisa mengakibatkan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan. Namun bila petani dilarang membakar lahan, bagaimana solusinya agar mereka bisa mengolah lahan pertanian dengan murah dan efektif Maka bantuan alat pertanian inilah salah satu jawabannya," jelasnya.

Menurut dia, peralatan pertanian tersebut, khususnya traktor roda empat, mampu membantu petani mengolah lahan tanpa membakar.

"Karena traktor roda empat ini mampu beroperasi diberbagai kontur lahan. Bisa di lahan kering dan lahan basah. Selain itu, ke depan kami juga memperjuangkan agar Kabupaten Kobar mendapat bantuan alat pertanian lain berupa excavator ukuran besar yang bisa difungsikan untuk mengolah lahan lebih cepat dan efektif," sebutnya. (W KRIDA/B-3)

Berita Terbaru