Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Anggota BNN Kalteng Diduga Terlibat Peredaran Narkoba

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 Agustus 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Dua oknum anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalteng diduga menjadi pengedar narkoba. Keduanya berinisial E (pegawai negeri sipil) dan S (anggota Polri). Keduanya ditangkap anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng, beberapa waktu lalu.

'Sekarang yang bersangkutan sedang didalami. Kalau terbukti kita ambil tindakan tegas. Yang pasti, proses pidana lebih dulu baru kode etik,' tegas Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Anang Revandoko kepada wartawan di Polda Kalteng, Selasa (15/8/2017).

Kapolda mengatakan, jika S terbukti hanya sebatas pemakai, tindakan tegas tetap diberikan. 'Yang pasti, pembuktian itu perlu keterangan saksi. Nanti pidana dulu, setelah selesai baru kode etik. Kalau dia nanti hanya pemakai, kita tetap tindak tegas,' ungkap Anang.

Direktur Reserse Narkba Polda Kalteng Kombes Pol Agustinus Suprianto menambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan pengembangan atas terungkapnya kasus tersebut.

'Jadi begini, tanggal 4 Agustus, kita tangkap satu orang (warga). Kemudian kita kembangkan lagi hari itu dan dapat lagi tersangka. Kita kembangkan lagi. Jadi tidak pernah berhenti untuk melakukan pengembangan. Nah muaranya adalah dua oknum (BNN). Dan sekarang kita amankan serta masih dalam pemeriksaan intensif,' jelas Agustinus.

Sebelumnya, Plt Kepala BNN Kalteng Baja Sukma pada Jumat (11/8/2017), membantah adanya dua oknum anggotanya yang terlibat dalam peredaran gelap narkoba. Ia menyebut anggotanya dikirim ke Polda Kalteng untuk bekerjasama mengungkap jaringan lain. Sebab, sebelumnya Polda Kalteng menangkap dua orang yang diduga sebagai pengedar sabu di Jalan Kalimantan, Palangka Raya.

Baja lalu menyebut bahwa penangkapan itu sebatas skenario agar jaringan lainnya bisa terungkap. 'Sebenarnya kami sedang ada kerjasama dengan Polda Kalteng. Kebetulan teman-teman Polda ada menangkap tersangka di sekitar Jalan Kalimantan. Dan dua orang itu juga merupakan target BNN,' kata Baja Sukma.

Soal adanya skenario, Kombes Pol Agustinus Suprianto menegaskan bahwa itu tidak ada. Yang bersangkutan, yakni dua oknum anggota BNN Kalteng sedang menjalani pemeriksaan intensif di Polda Kalteng. 'Tidak ada skenario itu,' tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru