Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng Cek Temuan 7.140 Kayu Log di DAS Barito

  • Oleh Uriutu
  • 15 Agustus 2017 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Anang Revandoko turun langsung ke lapangan untuk mengecek hasil tangkapan ribuan kayu log di Dareah Aliran Sungai (DAS) Barito di Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir, Selasa (15/8/2017) sekitar pukul 14.30 WIB.

'7.140 potong kayu log campuran ini ditangkap tim Polda Kalteng dan Polres Barsel bersama Karo Ops di perairan DAS Barito tepatnya di Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir pada Minggu 13/8/2017,' kata kapolda.

Dia mengatakan awalnya penangkapan kayu ini saat Karo Ops Polda Kalteng patroli di wilayah perairan DAS Barito menggunakan heli kopter dan menemukan ribuan potong kayu log campuran.

Namun di antara 7.140 potong kayu log campuran ini ada1.489 log jenis kayu meranti. Jadi modusnya kayu rakyat dicampur dengan kayu meranti.

'Kayu meranti atau kayu hutan ini tanpa dokumen sama sekali, sehingga kita amankan kayu-kayu log ini,' tandasnya. Sudah ada delapan yang sudah diamankan di Polres Barsel.

Berdasarkan keterangan dari para saksi, kayu log ini berasal dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara yang hendak dimilirkan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jika mereka terbukti bersalah, maka akan dikenakan Pasal UU Nomor 3 Tahun 2013 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun dan maksimal lima tahun penjara. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru