Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Hewan Qurban Dadakan Mulai Bermunculan di Kota Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Agustus 2017 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, pedagang hewan qurban dadakan bermunculan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Terutama di tepi jalan besar yang ramai dilintasi kendaraan.

Contohnya seperti di Jalan HM Arsyad, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Pedagang di sana sudah mulai membuka lapak dagangannya sejak 15 hari terakhir. "Saya membuka lahan di tepi Jalan HM Arsyad ini untuk menjual sapi qurban," ujar pedagang sapi qurban, Lukman, Selasa (15/8/2017).

Lukman hampir setiap tahunnya rutin berjualan hewan qurban. Lapak tersebut sengaja mereka buka jauh-jauh hari, dengan harapan banyak yang terjual.

Saat ini daya beli warga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Pedagang menyediakan antara 30 - 40 ekor sapi berbagai ukuran. Selain sapi, ada juga kambing.

Khusus untuk sapi kurban, didatangkan dari Sulawesi. Dalam pengirimannya pun, disebutka telah melewati proses pemeriksaan kesehatan. Sehingga sapi yang mereka jual dipastikan dalam keadaan sehat dan layak disembelih sebagai hewan qurban.

Harga yang ditawarkan pedagang terhadap sapi dan kambing qurban bervariasi. Untuk sapi dijual dengan harga antara Rp11 juta hingga Rp26 juta per ekor. Tergantung besar kecilnya ukuran. Begitu pula dengan kambing yang dijual dengan harga antara Rp2,5 juta hingga Rp3,7 juta per ekor. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru