Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mofit Akui Sebaran Guru di Palangka Raya Belum Merata

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Agustus 2017 - 22:24 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Belum meratanya penyebaran guru di wilayah Palangka Raya diakui Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio.

Menurut Mofit hal inilah yang membuat banyak tenaga pengajar terpaksa harus mengajarkan mata pelajaran yang tidak sesuai ilmu yang dimiliki.

"Terlebih sekolah yang berada jauh dipelosok. Demi peserta didiknya tidak jauh tertinggal dalam setiap mata pelajaran, maka guru mau tidak mau harus mengajar 3-5 mata pelajaran," kata Mofit, Selasa (15/8/2017).

Kondisi ini diakui masih banyak terjadi di SD dan SMP. "Belum meratanya sebaran guru menyebabkan semua itu terjadi. Selama ini secara personal guru berpandangan adalah melihat lokasi atau tempat dengan asumsi bisa menyatu (betah) atau tidak. Lalu pandangan lain karena banyak faktor pendukung yang tidak lengkap," pungkasnya.

Berbagai infrastruktur yang belum optimal, termasuk infrastruktur sekolah sebut saja ketersediaan listrik, menjadi salah satu alasan yang membuat tidak maksimalnya pengabdian tenaga pengajar ini.

"Kondisi itulah yang akhirnya menyebabkan banyak guru, terutama bagi mereka yang menjunjung tinggi pengabdian harus memaksakan diri untuk mampu mengajar banyak bidang studi. Meski sesungguhnya bukan bidang studi atau kompetensi yang dipelajari bertahun-tahun. Itu dilakukan tidak lain agar peserta didiknya bisa merasakan semua pelajaran yang wajib mereka serap," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru