Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Banyak Guru Mengajar Tidak Sesuai Displin Ilmunya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Agustus 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Masih banyaknya guru yang mengajarkan mata pelajaran tidak sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya menjadi perhatian Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

"Memang tidak ada yang salah bila guru bisa merangkap satu mata pelajaran, terlebih pelajaran yang satu rumpun atau satu bidang, misalkan matematika, fisika dan kimia," ungkap Mofit, Selasa (15/8/2017).

Meski pemerintah kota telah membuat regulasi atau aturan bahwa guru tidak diperbolehkan mengajar mata pelajaran yang tidak sejalan dengan bidangnya.

"Banyak guru, misalnya guru bidang studi matematika, tapi ia menguasai pula pelajaran bahasa Inggris. Itu tidak jadi soal. Yang tidak efektif adalah kalau guru harus memaksakan diri mengajar mata pelajaran yang tidak ia kuasai," tambahnya.

Sebenarnya menurut Mofit pemerintah kota mengharapkan guru mengajar harus searah dengan ilmu yang telah ditempuh.

"Tapi apa daya banyak faktor yang membuat akhirnya guru, terutama bagi mereka yang menjunjung tinggi pengabdian harus memaksakan diri untuk mampu mengajar banyak bidang studi. Meski sesungguhnya bukan bidang studi atau kompetensi yang dipelajari bertahun-tahun. Itu dilakukan tidak lain agar peserta didiknya bisa merasakan semua pelajaran yang wajib mereka serap," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru