Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Kehamilan, 65% Perempuan di Gunung Mas Andalkan Suntik

  • 16 Agustus 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sebanyak 65% perempuan usia subur di Kabupaten Gunung Mas menggunakan akat kontrasepsi suntik. "Kenapa suntikan, karena perawat dan bidan tersebar di berbagai desa, kelurahan dan permukiman di wilayah Kabupaten Gunung Mas, alat kontrasepsi dengan suntikan mencapai 65 persen," ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB) Kabupaten Gunung Mas, Isaskar, Rabu (16/8/2017).

Kemudian, lanjut dia, sekitar 25% masyarakat menggunakan alat kontrasepsi implan dan selanjutnya pil. Alat kontrasepsi yang paling sedikit digunakan adalah kondom. "Sebenarnya tingkat kesadaran masyarakat di Kabupaten Gunung Mas untuk ber KB sudah cukup tinggi," terang Isaskar.

Isaskar menambahkan, program KB bukan berarti melarang untuk melahirkan dan memiliki anak. Tetapi cara untuk mengatur waktu melahirkan anak. Sehingga nantinya masyarakat bisa sehat dan sejahtera dengan mengikuti program keluarga berencana.

"Kami terus berupaya menyosialisasikan program keluarga berencana. Supaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya program KB," cetus dia. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru