Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Satu Desa di Barsel Belum Cairkan ADD dan ADD Tahap I

  • Oleh Uriutu
  • 16 Agustus 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Berdasarkan data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMPD), Barito Selatan (Barsel), masih ada satu desa yang belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap pertama.

Hal tersebut diungkapkan, Kabid Adminitrasi Pemerintahan Desa dan kelembagaan pada DSPMPD Barsel, Bambang Purwadi kepada Borneonews. Rabu (16/8/2017).

Ia mengatakan dari 86 desa yang ada di Barsel hanya satu desa yang belum mencairkan ADD dan DD tahap I yakni Desa Palu Rejo kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA).

'Hal tersebut dikarenakan masa bakti BPD berakhir, belum membuat APBDes serta belum menyampaikan realisasi laporan pertanggungjawaban penggunaan ADD dan DD tahap ke II tahun 2016,' kata Bambang Purwadi kepada Borneonews, Rabu (16/8/2017).

Selain itu, lanjut dia, kepala Desa Palu Rejo masih menjalani proses kasus hukum terkait dugaan penggunaan ADD dan DD dimaksud. Pihaknya, mendapatkan laporan dari masyarakat Palu Rejo ke Kejaksaan Negeri Buntok dan surat tembusannya telah disampaikan kepada pihaknya.

Terkait hal itu, lanjut dia, pihaknya telah dua kali turun kelapangan melakukan pembinaan ke desa Palu rejo berkaitan dengan laporan masyarakat tersebut. 'Yang pertama kita turun dengan pihak Kejaksaan Negeri Buntok dan yang kedua dengan pihak Kecamatan Gunung Bintang Awai. Akan tetapi masih belum seperti yang diharapkan,' ucap dia.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil turun kelapangan Kepala desanya mengakui telah mengunakan dana desa maupun ADD untuk kepentingan pribadinya. Dan dia berjanji akan mengembalikannya. Permasalahan di Desa Palu Rejo terkait dengan Kadesnya masih dilakukan pemeriksaan oleh kejaksaan dan inspektorat Kabupaten. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru