Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Desa di Barito Selatan Belum Cairkan ADD Dan DD Tahap Pertama

  • Oleh Uriutu
  • 16 Agustus 2017 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Berdasarkan data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMPD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), masih ada satu desa yang belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap pertama.

Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelembagaan pada DSPMPD Barsel Bambang Purwadi mengatakan, dari 86 desa yang ada hanya satu desa yang belum mencairkan ADD dan DD tahap satu yakni Desa Palu Rejo, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA).

'Hal itu dikarenakan masa bakti BPD (Badan Permusyawaratan Desa) berakhir namun belum membuat APBDes serta belum menyampaikan realisasi laporan pertanggungjawaban penggunaan ADD dan DD tahap kedua 2016,' kata Bambang kepada Borneonews, Rabu (16/8/2017).

Selain itu, lanjut dia, kepala Desa Palu Rejo masih menjalani proses kasus hukum terkait dugaan penyalahgunaan ADD dan DD tahun lalu. DSPMPD, katanya, telah menerima surat tembusan mengenai laporan masyarakat Palu Rejo yang disampaikan ke Kejaksaan Negeri Buntok.

Terkait hal itu, pihaknya telah dua kali turun ke lapangan melakukan pembinaan terhadap perangkat Desa Palu Rejo berkaitan dengan laporan masyarakat tersebut.

'Yang pertama kita turun dengan pihak Kejaksaan Negeri Buntok dan yang kedua dengan pihak Kecamatan Gunung Bintang Awai. Akan tetapi masih belum seperti yang diharapkan,' ucap dia.

Bambang mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan, kepala Desa Palu Rejo mengakui telah mengunakan dana desa maupun ADD untuk kepentingan pribadi. Ia berjanji akan mengembalikannya. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru