Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 3 Kronologi Kenapa Palangka Raya Dipilih Jadi Calon Ibukota RI

  • Oleh Rokim
  • 16 Agustus 2017 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Agusta Sinulingga menjelaskan dipilihnya Kota Palangka Raya sebagai calon ibukota pemerintahan Republik Indonesia (RI) memiliki tiga alasan atau kronologi.

Pertama, pada 1957 Presiden Soekarno telah merencanakan pemindahan ibukota negara ke Kota Palangka Raya, namun pada 1960 rencana ini terbengkalai akibar perekonomian negara mengalami penurunan drastis.

Kedua, pada 2010 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat kembali wacana pemindahan ibukota negara RI dengan tiga opsi perencanaan.

Opsi pertama, mempertahankan pusat pemerintahan di Jakarta dengan pembenahan total. Opsi kedua, memindahkan pusat pemerintahan ke daerah lain sekitar Jakarta. Opsi ketiga, ibukota dan pusat pemerintahan dipindahkan seleruhnya ke daerah lain.

Ketiga, pada 2017 Presiden Jowo Widodo menugaskan Kementerian PPN/Bappenas untuk mengkaji lagi rencana pemindahan ibukota negara ke Kota Palangka Raya. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru