Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditpolair Berupaya Tingkatkan Minat Baca Anak Pesisir

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Agustus 2017 - 20:32 WIB

BORNEOEWS, Sampit - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kalteng, saat ini tengah gencarnya membantu masyarakat dalam bidang pendidikan. Salah satunya mengadakan perpustakaan keliling menggunakan perahu, Perpustakaan itu ditujukan untuk warga pedesaan kawasan pesisir.

"Baru saja kami menggelorakan minat baca di Desa Pilang, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau. Dan anak-anak disana cukup antusias membaca di atas kapal," ujar Direktur Polair Polda Kalteng Kombes Pol Badarudin, Rabu (16/8/2017).

Antusias anak-anak dan keinginan untuk membaca di desa tersebut cukup banyak. Apalagi mereka sebagian besar tinggal di daerah aliran sungai dan pesisir pantai yang sulit untuk dijangkau dengan jalur darat, dan warga umumnya menggunakan transportasi kelotok.

Sehingga hal itulah yang menjadi perhatian mereka. Perpustakaan keliling tersebut menggunakan kapal, dan itu sudah cukup lama hingga saat ini.

'Kami mempunyai sarana kapal, jadi kami koordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotim. Mereka siap meminjamkan buku. Sehingga tujuan menggelorakan minat baca bagi warga di daerah pesisir dan aliran sungai dapat terealisasi,' ucap Badarudin.

Dengan adanya hal tersebut, maka minat baca anak-anak di daerah pesisir bisa lebih meningkat lagi. Selain itu, mereka juga mendapatkan wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan ilmu mereka melalui buku bacaan yang disediakan.

Hadirnya perpustakaan kapal tersebut tidak hanya di desa tersebut saja. Namun juga hampir seluruh pesisir di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.  (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru