Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow... Sudah 106 Hektare Lahan Terbakar di Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 Agustus 2017 - 06:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Luas lahan terbakar wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) sejauh ini sudah mencapai total 106 hektare (ha). Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) ini tersebar di seluruh 14 kabupaten/kota di Kalteng. Terbesar di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas.

'Kalau yang sudah berhasil kita data sampai hari ini totalnya mencapai 106 ha. Jenis lahannya macam-macam,' kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng Syahril Tarigan, di Palangka Raya, Kamis (17/8/2017).

Dari luasan lahan yang terbakar itu, tidak hanya tanah mineral, namun ternyata sudah ada yang masuk ke kawasan gambut. Syahril juga menuturkan, pihaknya sudah berhasil memadamkan sehingga kawasan gambut tidak sampai menjadi benar-benar kering.

'Ada juga (yang terbakar) lahan gambut, namun gambut itu belum kering dan yang terbakar itu berhasil kita padamkan,' ungkapnya.

Syahril juga menuturkan, persoalan anggaran untuk penanggulangan tidak perlu dikhawatirkan karena sifatnya belanja tidak terduga. Dalam APBD Kalteng maupun APBN siap mensupport ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 'Anggaran cukup. dari APBD juga cukup, dan bantuan pusat juga ada.'

Dari 106 hektare Jumlah luasan lahan terbakar di Kalimantan Tengah, meski merata ada diseluruh daerah, tetapi terluas berada pada dua daerah. Yaitu, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas.

Untuk jenis lahan atau hutan yang terbakar, Sayhril menyebut dari kawasan yang bermacam-macam baik jenis kawasan hutan maupun lahan lainnya. (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru