Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Syahril: Penanggulangan Karhutla Bisa Libatkan Banyak Pihak

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 17 Agustus 2017 - 08:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Penanggulanagan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bisa melibatkan sejumlah pihak. Demikian ditandaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng Rivianus Syahril Tarigan. Selain pihaknya, ada beberapa pihak yang dilibatkan termasuk TNI-Polri.

Ini menyangkut kesiap-siagaan jajarannya dan termasuk peralatan dalam rangka penanggulangan Karhutla. Saat ini, total luas lahan terbakar sebanyak 106 ha di seluruh Kalteng dan berhasil dipadamkan.

"Kalau peralatan kita telah siap, ada banyak. Dan potensi yang ada bisa digunakan atau dilibatkan, misalnya TNI, Polri, Manggala Agni, dan relawan-relawan," ungkap Syahril, Rabu (16/8/2017).

Ia mengingatkan, pemantauan BMKG sudah menyatakan kemarau terutama pada September 2017. Ia berharap kesiapsiagaan dalam menanggulangi karhutla terus dilakukan agar dampak Karhutla yang terjadi cukup parah pada 2015 lalu tidak kembali terjadi.

Sebelumnya, Syahril mengungkapkan jumlah total lahan terbakar sejauh ini sudah 106 Ha, terbanyak di daerah Kabupaten Kapuas dan Kota Palangka Raya. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru