Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kiprah Minyak Sawit Takkan Pernah Mati

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 17 Agustus 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dunia tidak mungkin tanpa sawit dan tahun lalu konsumsi minyak nabati dunia mencapai 177 juta juta ton dengan rata-rata tambahan kebutuhan konsumsi per tahun mencapai 5 juta ton.

"Kebutuhan konsumsi tersebut antara lain dipenuhi oleh minyak sawit sebesar 64 juta ton, soyabean 53,15 juta ton, rapeseed 27,65 juta ton, minyak bunga matahari 15,55 juta ton, dan sisanya oleh minyak nabati lain seperti kacang, kelapa, dan zaitun," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Togar Sitanggang, di Jakarta.

Togar mencontohkan, Amerika Serikat dan Uni Eropa sendiri, saat ini ada lebih dari seratus jenis produk makanan dan produk-produk consumer goods non pangan seperti kosmetik, pasta gigi, deterjen, dan banyak lagi yang berbahan baku minyak sawit.

"Saat ini hingga mungkin 20 tahun lagi, industri consumer goods yang berbasis di AS dan negara-negara Eropa Barat masih akan sangat menggantungkan keberlangsungan usaha pada bahan baku minyak sawit," papar dia.

Selain negara-negara tersebut, negara lain yang juga membutuhkan pasokan minyak sawit yang besar. Dari aspek suplai atau pasokan, negara-negara konsumen minyak sawit terbesar seperti India, Tiongkok, dan Pakistan.

"Mereka jelas tidak mungkin bisa menggantikan minyak sawit dengan minyak nabati lainnya," ujar Togar. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru