Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Napi Bertambah, Lapas Sampit Butuh Fasilitas Air Bersih

  • Oleh Naco
  • 17 Agustus 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setiap tahun jumlah narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIb Sampit terus bertambah, akibatnya berpengaruh terhadap ketersediaan fasilitas air bersih.

Seperti disampaikan oleh Kepala Lapas Sampit, M Khaeron saat pemberian remisi umum di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 di Lapas Sampit, Kamis (17/8/2017).

Menurut Khaeron beberapa tahun lalu Lapas Sampit saat penghuninya sekitar 400 orang diberi oleh Pemerintah Daerah sarana air bersih yakni sumur bor, namun tahun ini jumlah penghuninya mencapai 737 orang, sehingga sarana yang ada tidak menampungi lagi.

"Karena debit air yang disedot cukup banyak untuk kebutuhan penghuni sampai pasir-pasirnya ikut terangkat, itu saat curah hujan masih tinggi seperti ini, kalau terjadi musim kemarau nanti kami tidak tahu lagi," kata Khaeron.

Dari itu Khaeron berharap Pemerintah Daerah bisa memberikan tambahan fasilitas air bersih, seperti sumur bor agar ketersediaan air bersih bagi warga binaan bisa memadai.

Bupati Kotim, H Supian Hadi langsung menyambut usulan itu, pada APBD Perubahan 2017 ini menurutnya akan dianggarkan sarana penambahan sumur bor.

"Kita akan siapkan anggaran di APBD Perubahan tahun ini, sumor bor dengan profile tanknya," tukas Bupati.

Bupati mengapresiasi kepedulian Kepala Lapas terhadap warga binaannya itu. Apa yang disampaikan Khaeron menurut Supian bukan untuk kepentingannya, melainkan untuk warga binaannya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru