Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dukung Kotim Bebas Pasung

  • Oleh Naco
  • 17 Agustus 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Darmawati mendukung program bebas pasung. Ia juga menyambut baik keberadaan ruang baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani, Sampit, yang diperuntukan bagi pasien sakit jiwa.

"Kami mengapresiasi hadirnya penanganan warga yang mengalami sakit jiwa di RSUD dr Murjani Sampit. Jika ada warga yang alami gangguan jiwa agar memaksimalkan layanan itu," kata Darmawati, Kamis (17/8/2017).

Dengan keberadaan ruang yang dimanai Teratai itu, diharapkan bisa menyukseskan program bebas pasung bagi warga Kotim.

Selain itu, ia juga berharap agar keberadan layanan itu bisa disampaikan ke masyarakat karena masih banyak yang belum mengetahuinya.

"Mungkin masih banyak warga di Kotim yang perlu pelayanan di rumah sakit, khusus untuk kejiwaan. Selama ini tidak terdata dan terpantau dengan baik. Akibatnya masih ada keluarga yang dipasung selama puluhan tahun," ucapnya.

Darmawati mengaku miris melihat kondisi demikian. Karenanya, ia berharap Dinas Sosial aktif mendata warga gangguan jiwa hingga ke kampung dan pelosok. Agar mereka segera dibawa ke rumah sakit.

Darmawati turut pula meminta pemerintah menangani dengan serius penderita penyakit jiwa. Mengingat jumlah masyarakat Kotim yang mengidap penyakit itu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. (NACO/B-3)

Berita Terbaru