Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Sebut TSAK Tidak Pelihara Peralatan dengan Baik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Agustus 2017 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia menyebut Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) di Kota Palangka Raya ini rata-rata tidak memelihara peralatan termasuk sarana prasarana yang telah tersedia.

"Jujur saja, 75 persen dari jumlah TSAK di Palangka Raya ini tidak berperan saat ada kebakaran, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terutama. Penyebabnya apa Karena sarana dan prasarana yang telah dimiliki tidak terpelihara dengan baik," tegas Riban, Jumat (18/8/2017).

Menurut Riban, hal ini menjadi kendala saat pemadaman kebakaran ataupun upaya pencegahan bencana karhutla. Saat terjadi, seringkali smeua pihak malah saling menyalahkan.

"Tersedia lengkap alatnya, lengkap semua TSAK punya alat pemadam karhutla tapi saat diminta siap-siap apalagi saat ini status kita siaga, semua mengadu peralatannya kurang ini dan itu. Ini maaf ya, kita sekarang hanya sering perencanaan persoalan fisik tapi untuk non fisik dan pencegahan itu terabaikan," katanya.

Inilah yang menurut Riban menjadi kelemahan. Dirinya berharap daripada saling menyalahkan saat karhutla terjadi, lebih baik untuk melakukan kesiapan dan persiapan masing-masing di saat status siaga seperti ini. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru