Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: CPO Potensi Lanjutkan Rebound Menuju 2.700

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 18 Agustus 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pada perdagangan Jumat (18/8/2017), harga minyak sawit mentah (CPO) dibuka di area positif menyusul kenaikan pertama dalam empat sesi pada Kamis, seiring mengetatnya suplai ke pasar.

"Aksi spekulan yang mengambil posisi di tengah meningkatnya permintaan domestik pada pasar spot menjadi katalis positif bagi harga CPO," kata tim riset PT Monex Investindo Futures di Jakarta, Jumat.

Produksi CPO Malaysia pada Juli meningkat menjadi 1,83 juta ton, naik sebanyak 20,7% dari Juni, berdasarkan data pekan lalu. Angka tersebut merupakan output bulanan tertinggi dalam hampir selama 2 tahun, dan kenaikan bulanan terbesar sejak Maret 2015.

Pemerintah Malaysia juga mempertahankan pajak ekspor CPO pada 5,5% pada September, sama seperti pada periode Agustus.

Sementara hasil survei dari Intertek Testing Services melaporkan penurunan sebesar 14,6% untuk ekspor CPO Malaysia, kemudian Societe Generale de Surveillance melaporkan penurunan sebesar 12,8%.

Secara teknikal, harga CPO masih berpeluang melanjutkan rebound menuju resisten psikologis 2.700 ringgit per ton, sebelum menguji resisten 2.740. 

"Untuk pergerakan turun, support terdekat masih terdapat di level 2.600, hanya break ke bawah area ini yang dapat melanjutkan kembali outlook bearish menuju support 2.535," kata tim Monex. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru