Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 174 Sumur Bor dan hanya Ada 11 TSAK dengan Peralatan 75 Persen Rusak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Agustus 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia menyebut, terdapat 174 sumur bor yang tersebar di Kecamatan Pahandut, Jekan Raya, Sebangau dan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Sementara jumlah Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) hanya ada 11 TSAK di seluruh kecamatan.

"Kita harus tetap terus melakukan evaluasi, baik kesiapan maupun kelayakan keberadaan TSAK. Sehingga ke depan bisa kembali dibahas dan ditinjau ulang. Termasuk antsipasi maupun hal lain. Ini karhutla bikin spot jantung, apalagi Pak Dandim maupun Pak Kapolres karena jabatanya jadi taruhanya," ungkap Riban, Jumat (18/8/2017).

Berbicara alat, lanjut Riban, sudah ada sumur-sumur bor dibuat, tetapi masih tanda tanya siapa yang bertanggungjawab atas hal itu. Parahnya lagi seperti di luar Palangka Raya ada sumur bor dibuat pipanya satu meter masuk tanah.

"Memang gagah tapi pas ada bencana dan akan dipakai, airnya tidak keluar karena ternyata pipanya hanya satu meter. Kita terus melakukan langkah strategis dan melancarkan pelaksanaan di lapangan. Agar lebih gampang dan tidak lagi pusing. Saya tegaskan sumur bor tidak hanya karhutla saja tapi juga bisa digunakan untuk hal lain, benahi sistem kerja," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Satgas Karhutla Kota Palangka Raya juga Komandan Distrik Militer (Dandim) 1016/Plk, Letkol Czi Alfius Nafirinda Krisdayanto mengatakan Palangka Raya sudah memasuki status siaga darurat bencana karhutla. Penetapan tersebut dalam rangka menghadapi bencana karhutla di Ibu Kota Provinsi Kalteng tersebut.

"Memang kita akui sumur bor banyak namun jumlah TSAK masih sedikit dan tidak sebanding. Itu juga hanya 25 persen yang jalan, 75 persennya terkendala. Ada yang bilang mesin rusak, selang tidak ada, alat angkut rusak dan alasan lain," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru