Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Sadar Wisata

  • Oleh Naco
  • 18 Agustus 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hero Harapanno Mandouw menyebut pembangunan sektor wisata, selain fasilitas sarana dan prasarana juga harus dibentuk mental dan karakter masyarakatnya agar sadar wisata.

"Kita melihat itu yang harus dipersiapkan juga dan menurut kami diutamakan," kata Hero, Jumat (18/7/2017).

Menurut Hero kultur masyarakat memang belum siap jadi kota tujuan wisata, namun masih perlu dibentuk seiring juga dengan pembangunan sarana dan prasarananya

Menurutnya pembentukan kultur dimasyarakat bukan hal mudah. Pasalnya jika pemerintah sudah mencanangkan Kotim jadi kota tujuan wisata tentunya budaya luar dari para pengunjung itu akan masuk.

Disaat seperti itu masyarakat lokal juga harus diberikan pemahaman yang kompleks. Karena konsekuensinya daerah mencanangkan jadi kota wisata, tamu atau wisatawan yang datang ke Kotim harus dilayani maksimal karena tamu adalah raja.

"Kami mendukung Sampit jadi tujuan wisata. Apalagi melihat kondisi pendapatan daerah yang kian menipis untuk pembiayaan pembangunan daerah," kata Hero.

Salah satu sumber pendapatan yang bisa diunggulkan kedepannya yakni dari pariwisata, banyak daerah di Indonesia ini tidak punya SDA tapi punya wisata yang menarik bahkan tidak disangka hasilnya dari sektor pariwisata bisa membiayai pembangunan daerah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru