Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah 12 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UPR Asal Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 18 Agustus 2017 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah mengeluarkan dana hibah sebesar Rp5 miliar untuk membiayai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK-UPR).

Total ada 12 mahasiswa asal Barito Utara yang menempuh pendidikan di FK-UPR. Mereka yakni Maulidia Ayu Noriza, Noor Syarifahtati, dan Nita Martha Hardianty (angkatan 2010), Veronika Peny Laba, Shillea Olmipia Melyta, dan Charles Patrice Isaupu (angkatan 2011), Wenny Aristia Yulianti, Dian Rosikin Hasibuan, Aulia Rusdi Almuttaqien, dan Muhamad Riduan (angkatan 2012), dan Nugraha Iwan Setiawan serta Inda Yanti (angkatan 2013).

Di antara 12 mahasiswa itu, Nita Martha Hardianty dan Shillea Olmipia Melyta telah diwisuda sebagai sarjana kedokteran pada April 2016. Sedangkan yang lainnya masih menjalani perkuliahan, telah yudisium, ataupun coass dokter.

Seorang calon dokter umum harus menjalani perkuliahan sekitar 4 tahun, lalu coass sekitar 2 tahun, kemudian diuji lagi untuk mengambil Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai tanda sah menjadi dokter dan membuka praktik.

Sekretaris Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo mengatakan, kapasitas Dinas Kesehatan hanya sebagai pengguna (pemanfaat) tenaga dokter. Sampai saat ini, pihak Dinkes belum mengetahui kejelasan dalam klausul perjanjian, khususnya tentang penempatan para mahasiswa FK-UPR setelah mereka melewati semua jenjang pendidikan kedokteran.

'Kita berharap kalau bisa mereka bertugas di daerah. Ada sinyal dari Diskes Provinsi Kalteng, mereka akan ditempatkan sebagai PTT daerah dan digaji oleh pemprov. Nominal gaji sama dengan PTT pusat dan bakal mendapat insentif kelangkaan profesi,' ujar Siswandoyo. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru