Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Mulai Bangun Hub Ekspor Sawit di Pakistan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 19 Agustus 2017 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan perusahaan sawit asal Indonesia telah melanjutkan rencana pembangunan hub ekspor komoditas minyak sawit di Pakistan.

"Perusahaan sawit kita sudah ada proses untuk bisa investasi di sana. Salah satu idenya dengan membangun hub untuk proses penyimpanan dan pengolahan," kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Iman Pambagyo, di Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Iman menilai hub tersebut nantinya akan melakukan pemasaran lebih luas tidak hanya untuk memasok kebutuhan Pakistan, beberapa negara yang berada di sekitar negara itu seperti Iran dan Irak akan menjadi pasar potensial.

"Saya tidak bisa bicara detail tentang rencana itu karena perusahaan yang proses. Tetapi, pasarnya nanti tidak cuma Pakistan tetapi beyond," papar dia.

Kontribusi produk minyak sawit asal Indonesia terhadap ekspor ke Pakistan, lanjut Iman, hampir mencapai 80%.

"Dari total perdagangan sekitar US$2,2 miliar antara kedua negara pada 2016, komoditas itu berkontribusi US$1,8 miliar," ujar Iman.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat kinerja ekspor produk minyak sawit Indonesia pada Januari 2017 hingga Mei 2017 mencapai 12,10 juta ton. Jumlah itu naik 29% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 9,35 juta ton.

Kenaikan permintaan minyak sawit asal Indonesia juga terjadi di berbagai negara, seperti Bangladesh, yang naik 29% dari 124,95 ribu ton pada April 2017 menjadi 163,27 ton pada Mei 2017. Kenaikan permintaan juga terjadi dari India yang meningkat 12%. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru