Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Sosial Harus Menyentuh Langsung Warga Miskin

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Agustus 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Subandi berharap pemerintah kota melalui instansi terkaitnya dapat saling berkoordinasi dalam menginput data baru.

"Pada APBD perubahan tahun ini pemko kembali menganggarkan dana untuk subsidi program kesehatan bagi warga tidak mampu, tentu anggaran yang ada harus terserap maksimal. Namun dengan catatan, program yang dijalankan benar-benar menyentuh warga yang semestinya layak menerima," kata Subandi, Minggu (20/8/2017).

Salah satu upaya yang perlu dilakukan menurut Subandi ialah melakukan pendataan secara tepat. "Pemerintah Kota melalui dinas sosial atau BPS dapat merangkul perangkat pemerintahan pada tingkat bawah seperti camat, lurah hingga RT/RW dalam hal pendataan," sarannya.

Dia mengatakan untuk data pelaksanaan program Palangka Raya sehat Pemko telah menganggarkan dalam APBD sebesar Rp8 miliar. Sementara yang sudah dipergunakan atau dibayar baru mencapai Rp2 miliar atau sekitar 19.860 orang lebih.

"Sedangkan untuk target secara keseluruhan kepesertaan tersebut adalah sebanyak 40 ribu orang hingga tahun 2018. Nah, karena masih tersisa, maka sebaiknya pendataan warga yang berhak menerima program ini harus didata secara valid dan akurat. Kalau pun nantinya terganjal soal  anggaran untuk pendataan, maka bisa saja dicomot dari anggaran yang tersedia pada program kesehatan tersebut," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru