Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jadi Langganan Banjir, Warga Desa Jakatan Masaha Perlu Direlokasi

  • Oleh Hamdi
  • 21 Agustus 2017 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Akibat sering dilanda banjir, warga Desa Jakatan Masaha, Kecamatan Mandau Talawang perlu direlokai. Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kapuas Jenderawan kepada Borneonews di kantornya, Senin (21/8/2017).

"Melihat kondisinya yang sering dilanda banjir, Desa Jakatan Masaha Kecamatan Mandau Talawang perlu direlokasi, Namun masih perlu kajian yang mendalam dan yang berhak melakukan kajian adalah Dinas Sosial, dalam hal ini BPBD hanya memberikan rekomendasi saja," kata Jenderawan.

Ia melanjutkan penyebab banjir yang melanda desa tersebut akibat alih fungsi hutan yang berubah menjadi lahan perkebunan. Sehingga, daya serap lahan mulai berkurang akibat adanya alih fungsi hutan tersebut.

"Saya masih bersyukur karena masyarakatnya sendiri sudah siap dengan kondisi tersebut. Sehingga tidak sampai terjadi adanya korban jiwa akibat musibah banjir tersebut, karena masyarakatnya sudah bisa mengantisipasi sendiri. Alhamdulillah selama musim banjir terjadi tidak ada korban jiwa," papar dia.

Menurut Jenderawan, bencana banjir tahun ini memang cukup melelahkan sampai-sampai pemerintah harus mengeluarkan tanggap darurat dua kali untuk mengatasinya. "Meski begitu, kegiatan tanggap daruratnya berjalan lancar tanpa halangan sedikit pun semua bantuan berhasil disalurkan dengan baik," pungkas dia. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru