Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Barito Utara Berangsur Surut

  • Oleh Ramadani
  • 21 Agustus 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Barito Utara sejak Jumat (18/8/2017), berangsur-angsur surut. 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada enam kecamatan yang terkena musibah banjir, yakni Teweh Tengah, Teweh Baru, Lahei, Lahei Barat, Teweh Selatan, dan Montallat. Ketinggian air bervariasi.

Kepala BPBD Barito Utara Gazali Montallatua mengatakan, banjir selain menenggelamkan ruas jalan dan jembatan, juga merendam rumah penduduk. 'saat ini status kita siaga banjir, dan berdasarkan informasi bahwa banjir sekarang sudah mulai surut,' katanya.

Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakat supaya selalu siaga dan waspada terhadap segala kemungkinan. Pasalnya, kondisi cuaca saat ini masih tidak menentu. 'Harusnya pada bulan Agustus ini puncak kemarau, namun kenyataannya justru curah hujan tinggi,' kata Gazali.

Selain itu, mantan camat Montallat tersebut juga mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun pemerintah, khususnya jalan. Warga, kata dia, hendaknya tidak memaksakan diri melintas di jalan yang terendam banjir. Apalagi dengan membawa beban berat.

Sebab banjir biasanya membuat pondasi jalan jadi lemah. Bila dipaksanakan membawa beban terlalu berat, dikhawatirkan bisa mengakibatkan tanah di bagian bawahnya turun. Sehingga menyebabkan jalan jadi rusak.

'Dalam hal ini kita harapkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga infrastruktur jalan yang telah dibangun dengan tidak memaksakan muatan terlalu berat. Sebab bila jalan rusak maka untuk perbaikannya lagi membutuhkan waktu. Dan untuk penganggarannya juga tidak bisa serta merta langsung dilakukan atau harus melalui prosedur yang ada,' ujarnya. (RAMADANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru